Cara Menghilangkan Pesan NOtice, WArning dan deprecated di PHP Script

Beberapa hal yang paling sering ditanyakan pengunjung blog ini adalah

1. “mas, program ga jalan?” atau “mas, programmnya error parse-error-syntax-error-unexpected-end-of-file..”
2. “mas, program jalan sih, tapi muncul notice…?”
3. “Mas kok saat di coba ada warningnya ya?”
4. “Mas, program jalan sih, tapi kok ada pesan deprecated?”.

Empat pertanyaan diatas adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan di komentar tutorial. Apakah anda salahsatunya? Hal yang perlu diketahui adalah program yang saya buat entah itu free code atau tutorial sudah di uji bahwa program itu berjalan dengan benar. Namun karena perbedaan sistem operasi serta perbedaan versi PHP dan konfigurasinya maka ketika anda coba, munculah 4 jenis error seperti yang ada dipertanyaan. Empat alasan itulah yang membuat saya menulis artikel ini, agar di kemudian hari jika ada yang bertanya seperti ini cukup saya beri referensi artikel ini saja tanpa harus bolak balik memberi tahu berkali kali.

Cara Menghilangkan Pesan NOtice, WArning dan deprecated di PHP


“mas program ga jalan?”

Jika tutorial yang saya buat sama sekali tidak berjalan dan tidak kadang nge-blank putih di webnya, maka kemungkinan terbesar adalah karena short_open_tag off di php yang anda pakai, entah anda pakai Linux, Webhosting, XAMPP, Wamp atau pake yang lain, asal pakai php, solusinya aktifkan short_open_tag di php.ini.

“mas, program jalan sih, tapi muncul notice….kenapa ya?”

notice adalah salah satu pesan error dari php yang menandakan kode yang kita tulis tidak mengikuti standar yang disarankan oleh php. Penyebab lain adalah sebuah variable dideklarasikan namun belum diberi nilai.

Cara termudah adalah dengan menambahkan satu bari kode diawal file php tersebut.

source code
<?php
error_reporting(0);
//kode php yang lain
.....
//end of code 
?>

Kekurangan cara ini adalah anda akan kesulitan jika terjadi syntax error atau fatal error yang disebabkan kesalahan syntax atau logika program. Bagaimana menganalisa terjadi error, cara termudah ganti error_reporting(0) menjadi error_reporting(1). Jadi kesimpulan dasarnya saat koding dan debuging nilai error_reporting=1 dan saat website sudah live error_reporting=0.

Cara lain meliat error adalah dengan membaca error_log. Error_Log di webhosting biasanya ada di folder public_html. Jika kita masih dalam development menggunakan XAMPP, letak eror ini ada di folder XAMPP\apache\logs\error.log.

“Mas kok saat di coba ada warningnya ya?”

Warning sering biasanya saat melakukan query msyql dengan fungsi mysql_query(). Cara mengatasinya bisa dibaca di artikel saya yang berjudul
mengatasi error mysql_query(). Selain karena query mysql, kadang warning juga muncul saat php gagal mengakses file. Untuk hal ini pembahasannya panjang. Intinya perbaiki cara kodingnya, terutama membiasakan dengan gaya koding try....catch.. sehingga saat gagal diakses tidak muncul pesan warning,namun muncul pesan yang kita definisikan sendiri. misalkan kita buat dialogbox, maaf file gagal diakses.

“Mas, program jalan sih, tapi kok ada pesan deprecated?”.

Error keempat ini disebabkan karena kita memakai fungsi yang sudah usang alias ketinggalan jaman. Fungsi seperti mysql_querysession_register() dan fungsi lain yang dinyatakan usang, sebaiknya tidak dipakai lagi.PHP terbaru biasanya sudah mengganti fungsi deprecated dengan fungsi baru yang lebih aman atau lebih cepat. Contohnya mysql_query(), fungsi ini sudah ada sejak lebih dari 10 tahun lalu. Selain itu, jika anda membaca buku terbitan lama, maka makin banyak pesan deprecated yang muncul dilayar. Cara termudah untuk mengatasi deprecated adalah menggunakan cara pertama yaitu menambahkan error_reporting(0); di awal file.

0 Response to "Cara Menghilangkan Pesan NOtice, WArning dan deprecated di PHP Script"

Post a Comment